Skip to main content

Semua Urusan Menjadi Baik

"Mengagumkan seorang mukmin itu, karena sesungguhnya semua urusannya menjadi baik baginya, dan hal itu tidak dapat pada seorang pun kecuali pada seorang mukmin. jika ia mendapat suatu keberuntungan lalu bersyukur, niscaya itu baik baginya; jika ia ditimpa suatu kesulitan lalu bersabar, maka itu pun baik baginya". (HR. Muslim dari sahabat Suhaib Ar Rumiy)

Bukankah di bumi ini kita sementara?Dan setiap kita adalah agen untuk sebuah misi.Di dalam menjalankan misi tentunya akan mendapati halangan rintangan ganguan dan hambatan,ada yang bisa lolos dari jebakan-jebakan dunia sehingga masih mengemban misi ada yang kalah sehingga meninggalkan misinya.
Begitu juga seorang mukmin yang meyakini di bumi ini adalah untuk beribadah kepada Allah hingga batas penentuan dengan datangnya jemputan yaitu Ajal.

Semua urusan dari seorang mukmin menjadi baik, karena:
1. Bersyukur
Dasar dari syukur adalah keimanan. Bentuk syukur dari seorang mukmin adalah ketaatan. Sehingga ketika ia diberi keberuntungan dengan lebihnya harta,lebihnya waktu luang, kesehatan dan lain-lain,ia wujudkan syukurnya dengan memanfaatkan itu semua di jalan ketaatan. Itulah bentuk syukur yang hakiki, hartanya diinfakkan di jalan Allah, tenaga dan pikiran untuk bekerja di jalan Allah.

2. Bersabar
Seorang mukmin juga meyakini bahwa ia hidup di dunia ini penuh dengan ujian untuk membuktikan kebenaran imannya sehingga setiap kesulitan dalam berbuat ketatan kepada Allah dilaluinya dengan penuh kesabaran dan harapan yang kuat atas ampunan Allah SWT. Seorang mukmin akan selalu bersabar menjalani ketaatan dan bersabar meninggalkan kemaksiatan. Ketika ditimpa musibah maka ia pun percaya terhadap setiap takdir Allah yang telah ditentukan kepadanya.

Begitulah aktivitas seorang mukmin di muka bumi ini. Langkahnya hanya di jalan Allah.Hatinya penuh dengan kesabaran melalui semua ujian hidup.

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesunguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (Al Ankabut 2-3)

Belajar dari Rasulullah saw melalui semua ujian kehidupan
1. Rasul berani mengatakan "tidak" kepada setiap hal yang membuatnya jauh dari Islam seperti tawaran Quraisy untuk menghentikan dakwahnya dengan imbalan harta, tahta dan wanita.
2. Rasul berani mengatakan "tidak" terhadap orang-orang disekitarnya walaupun termasuk saudaranya agar kompromi terhadap prinsipnya seperti yang dilakukan paman beliau Abu Thalib agar Rasulullah tidak keras dalam berdakwah Islam.
3. Rasul berani memilih hidup diisolasi dan dikucilkan kaumnya demi mempertahankan prinsip keimanan.
4. Rasul berani berperang untuk menyiarkan prinsipnya dan menghancurkan pengrusak-pengrusak kehidupan.
5. Rasul berani terdepan dalam setiap pemberlakuan hukum (tiada pilih kasih).
dan masih banyak contoh-contoh Rasulullah dalam memenangkan ujian kehidupan.

Seorang mukmin harus tahu bahwa hidup yang sementara ini penuh dengan ujian dan setiap losos dari ujian maka akan bertambah level keimanannya begitu sebaliknya jika ia kalah maka akan turun levelnya.

Siapakan segala hal untuk menghadapai ujian. Jadilah Pemenang!

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.