Skip to main content

Jika Hidup Diandaikan Seperti Perniagaan

Berani Ambil Resiko

Semakin besar keuntungan, semakin besar risiko yang bisa terjadi. Ini adalah rumusan
pasti. Setiap keputusan pasti juga ada kandungan risikonya. Dan setiap perubahan adalah
sebuah keputusan. Jadi tidak ada perubahan yang tidak mengandung risiko. Dengan Kata
lain PERUBAHAN BESAR RISIKO BESAR. Kita lebih mudah untuk berpikir pragmatisme dengan berpikir untung rugi, dan tidak ada salahnya juga jika kita berpikir seperti itu asal ada dasar yang benar hingga menuju perubahan yang benar pula.

Hidup ini seperti perdagangan, ada yang mengibaratkan seperti itu.Dan perdagangan yang paling menguntungkan adalah perdagangan dengan Tuhan sang Pencipta.Kita menjual segala kenikmatan dunia dengan ketaatan kepada-Nya.Tetapi apakah kita tidak boleh merasakan kenikmatan?tentu saja boleh.
Mari kita samakan persepsi tentang keuntungan dan kerugian. Di dalam permainan catur tidak setiap memperoleh pion atau benteng adalah sebuah keuntungan, bisa jadi itu jebakan, keuntungan di dalam sebuah permainan catur adalah ketika kita bisa mendapatkan posisi hingga mencapai kemenangan (apapun bisa dikorbankan).
Di dalam perdagangan dikatakan untung jika kita mendapat laba dari barang atau jasa yang dijual.Apakah semakin besar resiko akan semakin mendatangakan perubahan?maka jawabannya iya (sunnahtullah).Resiko paling besar menurut saya adalah ketika kita mempertaruhkan segala yang kita cintai untuk mendapatkan sebuah tujuan yang kita inginkan.
Jadi, tujuan adalah penentu arti sebuah untung dan rugi.

Kembalikan kepada Tujuan
Di dalam menjalani hidup ini seseorang haruslah mempunyai tujuan yang jelas yang menjadi arah dalam hidup masa depannya.tanpa tujuan yang jelas,pastilah hidup kita suram dan tidak karuan atau tidak terarah. tujuan dari segala tujuan adalah mengharap ridlo Allah SWT.Nah,tujuan inilah yang harus dijadikan dasar dari penetapan hidup di dunia,sehingga setiap keputusan sebesar apapun resikonya akan sangat ringan diambil demi sebuah ridho Allah SWT.
Pasti pernah mendengar keluarga Yasir,sahabat rasulullah yang menggadaikan hidupnya demi keuntungan syurga (dijamin Allah masuk syurga).Yasir dan keluarganya berani mengambil sebuah resiko yang terbesar dengan nyawanya hanya untuk mempertahankan sebuah tujuan agung yaitu mentauhidkan Allah SWT saja, tiada yang patut disembah kecuali Allah.Ujian yang didapat adalah siksaan fisik hingga mati.
Pernah dengar juga tentang Abdurahman bin Auf? seorang sahabat Rasulullah, jago dagang dan menjadi konglomerat,ketika dikatakan padanya bahwa ia akan masuk syurga dengan jalan merangkak disebabkan banyaknya harta yang ia miliki,maka tanpa berpikir panjang lagi ia infakkan hartanya di jalan Allah.
Pernah dengar Mus'ab bin Umair, seorang pemuda keturunan bangsawan dengan wajah elok rupawan, demi sebuah tujuan mulia yaitu menjadikan diri menghamba hanya kepada Allah,ia harus rela melepaskan gelar kebangsawanan dan harta yang melimpah,dan harus hidup seperti masyarakat jelata.Ia pun menemui syahid di jalan Allah. Perdagangan yang pasti menguntungkan tetapi sangat beresiko tinggi.
Apapun diri kita dan status kita di dunia ini, marilah kita kembalikan ke tujuan dasar hidup yaitu mengemban misi ibadah kepada Allah.maka,menjual diri kita untuk benar-benar menjadi hamba yang baik (taat pada aturan Allah) adalah sebuah perubahan yang beresiko tinggi.
Perdagangan yang pasti Menguntungkan
Juallah diri kita kepada Allah SWT,dengan mengharap keuntungan syurganya.Apa yang kita miliki maka kerahkanlah untuk beramal sholih dengan harta, skill, keluarga, bahkan nyawa kita.
Ingatlah Kematian
Kematian adalah gerbang perhitungan perniagaan, untuk mengetahui seberapa besar keuntungan atau bahkan kerugian yang kita miliki, dan parahnya ketika kita sudah masuk gerbang tersebut maka kita tidak bisa turun tangan langsung untuk meneruskan perdagangan kecuali berharap terhadap orang-orang yang masih hidup.Tiada yang abadi di dunia ini;harta, tahta,keluarga,nyawa, semuanya akan sirna seiring ajal menjemput.

Marilah kita jual diri kita dan apa yang kita upaya demi sebuah tujuan dasar yaitu Ridlo Illahi. Sesungguhnya, apa yang kita infakkan bukanlah harta yang hilang melainkan harta kita yang kita simpan.Segeralah, untuk berubah dan berani mengambil Resiko!

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.