Skip to main content

[ebook] Ad-Diinul Al-Haq

Alhamdulillah, Ramadhan 1429 H sudah menghampiri kita. Untuk Ramadhan kali ini, saya sengaja untuk menyelesaikan kitab-kitab baik berupa ebook dan hard cover untuk di libas habis alias dibaca, dipahami dan diamalkan (jika memang butuh diamalkan). Dan semoga saja terus melanjutkan untuk di dakwahkan.

Untuk itu, saya akan mencoba buat resensinya sesempatnya dan sesingkat-singkatnya.

Ilmu itu adalah imamnya amal. Dan ilmu itu banyak terdapat di buku-buku, maka marilah kita cinta membaca untuk menguasai ilmu, mengamalkan dan mendakwahkannya.

Untuk menguasai dunia adalah dengan ILMU. Begitu pun akhirat, ILMU yang membawa kita akan berjalan sesuai petunjuk ALLAH SWT.

Judul : Ad Diinul Al Haq
Ditulis : Syeikh Abdurrohman bin Hammad Ali Umar
Ebook ini setebal 108 page dalam bentuk pdf

Ebook ini dibagi dalam beberapa pasal mulai tentang iman, islam dan konsep-konsep islam tentang kehidupan. Penulis adalah pengikut Muhammad bin Abdul Wahab di Arab Saudi, terbukti dengan ahir tulisan yang menisbatkan secara langsung kepada Syeikh Al Wahab dan puji terimakasihnya ke Ibnu Saud.

Pada pasal tentang keimanan maka hampir secara umum dijelaskan bukti-bukti keberadaan Allah dan keesaannya, bukti kenabian Muhammad Saw dan lain sebagainya. secara makro bab-bab (pasal-pasal) dalam ebook ini sebagai berikut:
1. Mengenal Allah.
2. Mengenal Rasul
3. Mengenal Diinul Haq (Islam)
4. Konsep Islam
5. Menyingkap Kesalahan

Untuk materi keimanan hampir sama dengan kitab-kitab tentang iman di buku-buku yang lain (kecuali bukunya orang-orang liberal) bahwasanya Allah Maha Pencipta dan Pengatur yang wajib disembah mahluk dan ditaati segala aturannya. Di dalam kitab ini menjelaskan bukti-bukti rasional dan ayat tentang posisi mahluk atau manusia di hadapan Sang Pencipta. Begitu juga tentang pembahasan iman kepada Rasulullah SAW, bahwasanya seorang muslim wajib hanya menjadikan diri Rasulullah SAW sebagai satu-satunya teladan dalam hidup ini.

Ketaatan manusia terhadap aturan-aturan Allah adalah mutlak adanya karena hak membuat hukum hanyalah milik Allah. Islam tidak memaksa seseorang untuk menganut akidah islam, dengan konsekuensi setiap ajakannya bahwa dalam setiap kekufuran akan mendapat adzab dari Allah SWT (siksa dan nerakaNya).

Definisi Islam di kitab ini diambil dari hadits yang menjelaskan tentang rukun Islam yaitu syahadat kepada Allah dan RasulNya, sholat, zakat, puasa dan Haji bila mampu.

Definis tersebut lebih didetailkan di penjelasan masing-masing penjelasan tentang Rukun Islam, yang intinya bahwa agama Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW untuk mengatur segala hubungan atau interkasi manusia baik dengan Allah, dengan manusia yang laian (mahluk Allah) dan dengan dirinya sendiri.

Konsep-konsep Islam mengenai kehidupan sangatlah paripurna dan sempuran, tiada satu konsep kehidupan yang Islam belum memilikinya. Namun sayang di dalam ebook ini, tidak dijelaskan secara rinci konsep-konsep tersebut seperti Islam mengatur tentang politik, ekonomi, pertanian, sosial, pendidikan, kesehatan, keluarga dan lain-lain (hanya ditegaskan bahwa di dalam Quran sudah diatur detail entang IPOLEKSOSBUDHANKAM tsb).

Padahal, menurut saya konsep-konsep tentang kehidupan bermasyarakat dan berbangsa inilah yang harus perlui dijelaskan secara detail. Karena pada bab-bab tentang keimanan dan Islam, seingat saya, kita sudah pernaha menerimaa materi-materi tersebut hampir ditingkatan pendidikan.

Tantangan bahwa Islam memiliki konsep kehidupan dan mamapu menjawab semua permasalahan, masih minim di kitab ini. Malah dijelaskan tentang penyimpangan-penyimpangan kelompok-kelompok yang "murtad" seperti kelompok Ahmadiyah. Hal tersebut juga hanya dijelaskan sedikit saja.

Buku dengan 108 halama ini sudah cukup bagus memberikan gambaran dan pemahaman tentang proses beriman dan Islam walaupun masih minim konsep islam tentang kehidupan seperti politik, sosial,ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya.

Secara umum, buku ini bagus.
Dan layak untuk dibaca, apalagi yang masih minim pengetahuan tentang Iman dan Islam seperti saya ini.

Untuk membacanya hanya membutuhkan waktu 1-1,5 jam dengan kecepatan baca standart.
Selamat belajar dan membaca!

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.