Apabila dikatakan kepada kita "gunakan waktu 15 menit ini untuk menulis" maka kebanyakan kita akan bingung dan ga karuan menulis apa saja yang terlintas dibenak. Berbeda jika instruksi tersebut ditambahkan dengan tujuan yang jelas semisal "gunakan waktu 15 menit ini untuk menulis tentang foto-foto yang kalian sukai", maka otak kita langsung fokus menerjemahkan perintah tersebut dalam tulisan mengenai foto.
Sekali lagi, menentukan tujuan atau nilai manfaat yang ingin kita peroleh akan mengarahkan tulisan dengan baik dan terarah. Pengaruh tulisan akan terasa karena kita tahu apa yang kita inginkan: apakah pengenalan inovasi baru, pengumuman, arahan, iklan agar audien membeli, meningkatkan trafik dll
Semakin clear anda menggunakan tujuan maka semakin jelas juga arah tulisan. Hal ini juga bisa digunakan untuk personal branding, apa saja yang ingin anda sajikan kepada audiens agar pembaca menilai karakteristik dari setiap tulisan yang anda unggah. Jika isinya hanya keluh kesah maka anda dianggap orang yang menjengkelkan dan cengeng. Apabila hanya berisi makian dan umpatan maka pembaca menilai anda sebagai orang yang temperamental dll. Cobalah buat personal branding sesuai dengan tujuan anda.
Comments
Post a Comment
Allah always see what we do!