Skip to main content

Pekan Padi Nasional III

24 Juli 2008. Pagi itu di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi, Subang, Jawa Barat ada acara besar yaitu peresmian Pekan Padi Nasional III oleh Susilo Bambang Yudoyono.Tema yang diangkat dalam rangka Pekan Padi Nasional III tahun 2008 adalah "Inovasi Teknologi Padi Mengantisipasi Perubahan Iklim Global dalam rangka Mendukung Ketahanan Pangan"
PPN III mempunyai tujuan, antara lain, untuk memamerkan kekayaan dan keragaan sumberdaya genetik nasional, memperagakan berbagai varietas unggul dan komponen teknologi dari pra-panen sampai dengan pasca panen, serta perbaikan efisiensi usaha tani padi. Melalui kegiatan ini diharapkan berbagai informasi teknologi peningkatan produksi padi dapat tersosialisasikan disamping terjadinya komunikasi dan kesamaan persepsi antara peneliti dengan stakeholder guna penanganan program penelitian padi jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
Dalam pidatonya Presiden Yudhoyono mencanangkan revolusi hijau kedua, di mana Indonesia harus bisa menerapkan teknologi penelitian padi. Di saat yang sama, ketika berdialog dengan masyarakat tani, Presiden berjanji untuk memperhatikan peneliti yang berhasil menemukan bibit-bibit unggul. Dalam kesempatan ini juga diperkenalkan sembilan jenis varian benih padi terbaru dengan berbagai keunggulan.
"Setelah mendengar apa yang disampaikan Gubernur dan Menteri Pertanian, saya percaya Indonesia yang kita cintai ini bisa suatu saat surplus beras. Bahkan bisa mengekspor beras dan bisa menjadi lumbung padi dunia," kata Presiden saat membuka Pekan Padi Nasional III

Selain membuka Pekan Padi Nasional III Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan laboratorium analisis flavor beras Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Meneg BUMN Sofjan Djalil, dan Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali.

Saat mengelilingi lokasi, Presiden selalu didampingi oleh Bos Artha Graha Group Tomy Winata. Tomy memamerkan hasil pembibitan padi jenis hibrida kepada Presiden.

Presiden menugaskan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian untuk menguatkan konsorsium penelitian padi. Supaya menghasilkan varietas unggul baru dan inovasi teknologi.

"Saya berharap Indonesia dapat menjadi negara eskportir beras yang diperhitungkan di dunia," katanya.

Presiden mengatakan pada tahun 2008 dan 2009 pemerintah prioritas pada keterjangkauan harga pangan.

"Ini artinya kita akan terus mengerahkan anggaran, memberikan subsidi, dan berbagai program yang nyata untuk meningkatkan pertanian,"

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan Jawa Barat sanggup menambah produksi gabah kering giling untuk memenuhi target nasional. Target produksi padi Jawa Barat tahun 2008 sebanyak 10,55 juta ton atau bertambah 550 ribu ton dari tahun 2007. Jumlah ini dihasilkan di atas lahan seluas 1,8 juta hektar.

Untuk memenuhi target itu, maka produktifitas petani minimal 5,7 ton per hektar dengan kebutuhan benih sebanyak 4,6 juta ton.

"Jawa Barat sudah memenuhi 18 persen produksi padi nasional," katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.