Skip to main content

Surat Untuk Saudariku


Assalamu'alaikum,
Adikku yang mukminah dan dirahmati Allah.Allah berfirman,"Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-oang Mukmin bertawakal". (Ali Imran: 122)
"Dan, barangsiapa yang bertawakal kepada Allah,niscaya Allah akan mencukupkan keperluan)nya".(Ath-Thalaq: 33)

Tawakal adalah kewajiban kita sebagai seorang Muslim untuk meyakini dan mewakilkan segala urusan kita sebagai hamba Allah yang lemah ini hanya kepada Allah. Di dalam hadits diriwayatkan, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyebutkan bahwa di antara umatnya ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa hisab. Kemudian beliau bersabda, "Yaitu mereka yang tidak membual, tidak mencuri, tidak membuat ramalan yang buruk-buruk dan kepada Rabb mereka bertawakal". (Diriwayatkan Al-Bukhary dan Muslim)

Bukankah kita mahluk Allah yang beriman, mengapa masih ada keraguan sedikit pun juga terhadap segala aktifitas kita yang sesuai perintah Allah jika semuanya telah kita sandarkan hanya padaNya.tawakal itu terbentuk dari kata al-wakalah. Jika dikatakan, "Wakkala Fulan amruhu ila Fulan", artinya Fulan yang pertama menyerahkan urusannya kepada Fulan yang kedua serta bersandar kepadanya dalam urusan ini.Tawakal merupakan ungkapan tentang penyandaran hati kepada yang diwakilkan. Jika hatimu sudah merasa mantap bahwa tidak ada yang bisa berbuat kecuali Allah semata, jika engkau sudah yakin bahwa ilmu, kekuasaan dan rahmat-Nya sempurna, di belakang kekuasaan-Nya tidak ada kekuasaan lain, di belakang ilmu-Nya tidak ada ilmu lain, di belakang rahmat-Nya tidak ada rahmat lain, berarti hatimu sudah bertawakal hanya kepada-Nya semata dan tidak menengok kepada selain-Nya.
Jika engkau tidak mendapatkan keadaan yang seperti ini di dalam dirimu, maka ada satu di antara dua sebab, entah karena lemahnya keyakinan terhadap hal-hal ini, entah karena ketakutan hati yang isebabkan kegelisahan dan kebimbangan yang menguasainya. Hati menjadi gelisah tak menentu karena adanya kebimbangan, sekalipun masih tetap ada keyakinan. Siapa yang menerima madu lalu ia membayangkan yang tidak-tidak tentang madu itu, tentu dia akan menolak untuk menerimanya.(assunnah online)

Adikku,memang kita hidup di jaman yang menghalalkan segala cara,tapi janganlah pernah putus asa terhadap rahmat Allah. Berpegangteguhlah terhadap Dienullah.Kuatkan iman untuk menegakkan yang haq dan melawan yang batil. Bekerja adalah perintah Allah dan seorang Muslimah di jaman seperti ini harus mampu survive untuk menerjang kekufuran sebagiamana para sahabah rasulullah yang tidak manja dengan keadaan bahkan mereka menjadi pendorong kaum lelaki untuk terus maju di medan dakwah,mereka rela dengan penghidupan yang seadanya asal dengan cara yang halal. Dan mereka tidak mau membebani kaum lelaki dengan kecengengannya di medan dakwah bahkan tak jarang diantara mereka yang menginginkan kesempatan sebagaimana lelaki utuk berebut pahala.

Dari Umar bin Al-Khaththab Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Andaikan kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Dia kan menganugerahkan rezki kepada kalian sebagaimana Dia menganugerahkan rezki kepada burung, yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar, lalu kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang."

Adikku,bukankah kita sudah paham bahwa perbuatan manusia ada yang didaerah yang dikuasai manusia dan ada yang didaerah yang menguasai manusia. Tawwakal adalah urusan hati dan menjadi modal penting dalam setiap kita berbuat untuk menggapai ridlo Allah. Allah hanya akan menerima perbuatan dengan dua syarat yaitu ikhlas hanya karena Allah dan ittiba’ Rasulullah SAW.

Bukankah semua ini adalah titipan Allah kepada kita yang sewaktu-waktu bisadiambilNya. Mengapa kita masih ragu untuk berbuat amal sholih?tinggal kita kuatkan tekad iklaskan niat untuk selalu berjalan diatas RisalahNya. Gunakan segala apa yang ada dalam ketaatan, bersyukurlah dalam setiap keadaan,menangislah untuk sebuah penyesalan Karen dosa yang telah diperbuat.
Sebabnya rezeki hanya satu yaitu tawakal

Gunakanlah kekayaanmu,kecantikanmu,kecerdasanmu,sehatmu,hidupmu untuk Allah semata. Perbanyak istighfar dan selalu berdzikirlah kepada Allah.

Berjuanglah di jalan dakwah ilallah.
Kutunggu kiprahmu


Saudaramu,
Zaidan Ats-tsalis

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.