Skip to main content

The Fighter of life

Menjadikan hidup lebih baik (mindset caracter)
1. Kembali kepada keyakinan yang benar
Cobalah untuk memahami arti kehidupan ini, jika kita hidup ini hanya sementara dan di dunia kita hanya untuk ibadah maka cobalah pikir apa yang benar-benar ingin kita lakukan atau targetkan.Pikirkan apa yang benar-benar kita inginkan sesuai dengan keyakinan tersebut.
Masihkah ada perasaan iri ketika melihat orang lain mempunyai yang kita tidak punya?Mereka bisa mempunyai sedangkan kita tidak atau belum?Maka sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba kembalikan kepada keyakinan yang kita miliki.Apakah kita perlu memiliki apa yang dimiliki orang lain?
Sayyidina Ali ka. mengatakan bahwa irilah terhadap 2 orang yaitu orang yang kaya dengan kekayaanya ia banyak berinfak di jalan Allah dan orang yang berilmu dengan ilmunya ia berjuang di jalan Allah.

2. Identifikasi suara-suara sumbang dari luar diri kita
Setelah memiliki keyakinan yang kuat tentang kehidupan ini maka seseorang akan menjalani hidup dengan optimis dan penuh perubahan ke arah yang lebih baik. Namun demikian, pasti lah akan ditemui suara-suara sumbang yang akan menganggu kekokohan keyakinan sehingga membuat kita menjdi minder.
Seperti kisah seorang teman yang mantan preman sewaan, ketika ia bertobat dan memilih jalan kebenaran, bagitu banyak pandangan picik dari lingkungannya yang mengatakan buat apa, jangan sok, rusak ya rusak ga usah sok alim dan lain sebagainya. Jika dia menuruti dan mendengar suara-suara sumbang tersebut maka bisa ditebak bahwa ia tidak akan pernah bisa berubah, Maka dengan mengidentifikasi suara-suara negatif tersebut kita bisa menyiapakan mental dan tanggung jawab untuk menghadapinya tanpa menggeser sedikit pun apa yang kita lakukan sesuai keyakinan yang benar.

3. Buang jauh-jauh predikat negatif terhadap diri yang ada dalam pikiran kita
"Ya, aku memang rusak","Ya, aku memang bodoh",Ya, aku memang tak pantas" dan lain sebaginya adalah predikat negatif yang diberikan oleh diri kita sendiri terhadap diri kita. Maka predikat tersebut haruslah dibuang sejauh-jauhnya,kita katakan bahwa potensi semua manusia sama sebagai hamba Allah.Seorang "big boss" saja bisa berubah menjadi lebih baik dan ahli syurga seperti Umar ibnu Khaththab setelah merubah image tentang dirinya dan berislam secara kaffah. Kelompok rampok Al Ghifari saja bisa berubah dengan memeluk Islam dan menjadi mulia karenanya. Orang yang berkulit hitam dan mantan budak saja bisa menjadi mulia dan harum namanya seperti Bilal.
Maka kita rubah predikat negatif menjadi positif dalam mindset kita bahwa "saya seorang muslim yang berusaha taat dengan sekuat kemampuan,saya akan mampu insyaAllah untuk menjadi pintar, untuk menjadi pengusaha sukses, untuk menjadi guru teladan, untuk menjadi.....dan lain-lain".Dengan usaha yang kuat dan tawakal tiada yang mustahil selama sesuai fitrah manusia dan sesuai hukum Alam.

4. Jangan Dengarkan Kritik Walaupun Hanya Bercanda
Ketika kita punya keinginan kuat untuk mewujudkan sesuatu (sesuai keyakinan yang benar) maka jangan pedulikan kritikan-kritikan yang membuat kita goyah walaupun hanya bercanda.Tentunya Michael Jordan tidak akan menjadi super star pemain bola basket ketika ia menerima kritik dan ditolak untuk menjadi pemain di universitasnya.Bersikaplah cuek terhadap orang-orang yang bisanya hanya mengolok-olok dan mencela.Selama apa yang kita lakukan benar (sesuai keyakinan) dan bermanfaat maka lakukan saja walaupun seluruh isi bumi menghinanya.

5. Kita Tidak Sendirian
Di bumi ini Allah menciptakan mahluknya,salah satunya adalah kita (manusia) maka tidak usah bersedih dan berkecil hati,kita menjalani hidup ini tidak sendirian, begitu pun di dalam berjuang mencari penghidupan yang lebih baik, Kita punya teman, keluarga dan orang-orang yang selalu dengan kita karena kesamaan visa dan misi.

6. Buat Pengakuan Dan Beri Pujian Yang Baik Terhadap Diri
Baik adalah apa yang sesuai dengan keyakinan (believe).Maka jangan sungkan untuk memberi pujian terhadap diri ini ketika berani melakukan sesuatu kebaikan tetapi bukan untuk narsis,riya atau pun sombong. Lebih kepada bentuk syukur,semisal ketika kita berani memilih bekerja dengan cara halal dan meninggalkan cara haram walaupun secara materi lebih menjanjikan,maka kita katakan "Alahamdulillah,saya masih kuat untuk berdiri dalam kebenaran".

7. Selalu Memunculkan Kekuatan Motivasi (iradah) Untuk Berbuat Baik
Semuanya butuh proses, dengan menyadiri kondisi kita sekarang maka kita bisa mengukur seberapa jauh lagi kita sampai kepada target yang akan kita raih dan tujuan yang akan kita wujudkan.Tiada yang tidak berubah,namun kita adalah subyek dari perubahan bukan lah obyek.Kita mampu untuk mewujudkannya dengan tekad yang kuat dan didukaung oleh orang-orang yang kuat pula berada di sekitar kita (sevisi dan misi,kita tidak sendiri).Maka selalu membangun komunikasi dengan orang-orang tersebut adalah komunikasi yang selalu kita butuhkan,dan jangan pernah keluar dari lingkungan orang-orang yang kuat tersebut.Carilah guru, teman, sahabat yang baik yang selalu mengelilingi kita."Sekarang atau nanti kita harus meraih tujuan (sesuai keyakinan)dan harus dimulai atau diteruskan hingga ajal pun datang"


Yes, I am Fighter of Life!Make be better life with another.


Comments

  1. yang baik buat orang blum tentu baik untuk kita... gt ya pak..
    iri membuat syaraf2 menyimpul sehingga menjadi ruwet..
    lama2 mati rasa.. dan membusuklah hati itu

    ReplyDelete

Post a Comment

Allah always see what we do!

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.