Skip to main content

Yuk, Berpikir Dan Berjiwa Besar!

sumber gambar: mindfithypnosis.com
Berpikir adalah kata kerja yang sulit di lihat tapi bisa dirasakan, kita bisa mengetahui pemikiran seseorang dari sikap dan prilakunya. Banyak yang terkungkung dalam kondisi kurang nyaman karena tak pernah mau sedikit saja untuk berpikir dan berjiwa besar.

Orang yang berpikir kerdil dan sempit hanya memikirkan dirinya sendiri dan pencapaian yang minimalis. Di sekitar kita sangat banyak contohnya. Ada seorang karyawan sebut saja Anas yang berpuluh-puluh tahun merintis karir di sebuah perusahaan yang sahamnya dikuasai oleh keluarga dan partai politik. Dia memimpikan untuk menjadi pejabat teras dengan menunjukkan kerja keras dan sangat teratur dengan mentaati aturan. Setelah bertahun-tahun kerja, reward yang didapatkan hanya berupa bonus harta dan kekayaan (materi) bukan jabatan yang ia dambakan.

Akhirnya, dia memutuskan pindah bagian yang memungkinkn secara teratur untuk bisa berkarir. Pertanyaan besarnya, mengapa baru sekarang dia menyadari hal tersebut?

Salah satu dari aktivitas berpikir yang perlu diperhatikan adalah INFORMASI. Anas berharap bahwa pejabat-pejabat (boss) di perusahaan tersebut mengindahkan masa karir dan loyalitasnya. Sayangnya, Anas baru mengetahui informasi dan menyadari bahwa untuk mendapatkan jabatan di perusahaan tak perlu prestaasi kerja namun faktor kedekatan dengan keluarga atau partai politik yang menguasai saham perusahaan. Bisa dibayangkan, Anas yang puluhan tahun bekerja bisa dikalahkan oleh anak kemarin sore yang masuk kerja baru dua tahun sudah bisa menjadi pejabat di perusahaan.

Dan tahu apa yang bisa dilakukan oleh Anas? HANYA MENGGERUTU.

Di dalam ketidateraturan sistem seperti di perusahaan tersebut, aturan main berupa hukum tertulis hanyalah formalitas saja. Intinya, aturan bisa diermainkan dan seharusnya Anas bisa ikut main untuk mengejar impian besarnya menjadi Pejabat.

Seorang yang mempunyai jiwa besar bukan hanya mengumpat keadaan yang tidak karuan, tetapi dia harus mampu mengambil segi positif dari ketidakteraturan tersebut dengan cara BERPIKIR BESAR. Bukankah banyak jalan menuju Roma, lalu mengapa masih terus di jalan yang buntu dan tidak mencari alternatif yang lain. Please, to think out of the box.

Berbeda halnya karyawan lain, sebut saja namanya Joko. Dia mampu memanfaatkan kondisi tak teratur ini untuk terus naik jabatan dengan memanfaatkan kedekatan kepada keluarga dan partai politik. Joko mencari tempat yang memungkinkan dirinya bisa berkarir secara cepat meskipun dengan cara menyuap. Joko ingin terus berpikir besar meraih impian yang besar namun dia belum berjiwa besar sehingga memilih cara hina dengan cara menyuap untuk memenuhi ambisinya. Dia berdalih jika tidak dengan cara hina tersebut pasti sulit akan meraihnya, apalagi semua orang juga melakukannya.

***
Salah satu karakter orang yang berpikir dan berjiwa besar adalah positive thinking.
Jika memang kondisi yang kita hadapi sekarang kurang mendukung dengan apa yang kita ingin capai maka usahakanlah dirubah, jika tidak mampu teruslah berusaha mencari celah utuk mewujudkan impian. Never Give up.

Saya punya pengalaman menarik ketika bekerja di sebuah perusahaan keluarga. Dalam waktu singkat saya sudah bisa menjadi salah satu kepala divisi di bawah manajer utama. Sayangnya, posisi manajer utama dan direktur tak kan pernah bisa diraih karena syaratnya harus dari keluarga perusahaan. Jadi, saya putuskan untuk segera mencari tantangan baru dan cukup setahun saja di posisi puncak yang bisa saya raih. Lalu apa impian saya saat itu? segera mencari perusahaan yang lebh besar atau mencari peluang untuk terus menimba ilmu agar skill dan pengalaman bertambah.

Cara saya untuk terus berpikir besar membuat saya bertahan dalam ketidaknyamanan dan afirmasi yang saya ingat saat itu adalah "Ini hanya sementara, ini bukan tempat yang sesuai untuk berkarir, teruslah berusaha dan mencoba, ambil semua ilmu yang ada disini". Afirmasi tersebut bermanfaat bagi saya untuk tidak menyerah dan berusaha mencari jalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Dan saat ini, ternyata saya sudah di tempat dan kondisi yang pernah saya pikirkan saat itu meskipun tak sesuai dengan harapan yang ideal. Inilah kesempatan untuk terus berusaha memperbaiki kedaan dan untuk terus bergerak meraih kejayaan.

Orang yang berpkir besar akan mengacuhkan cemooh dan cacian dari para pencaci dan penghina. Tak kan merubah pendiriannya meski dia berada di tempat yang rusak sekalipun. Ketidanyamanan karena kesadaran terhadap kondisi membuat dia terus berusaha untuk berubah dan merubah. Dia akan mampu mengubah tantangan menjadi peluang kesuksesan. Dia hanya sedikit butuh waktu untuk terus berusaha dan selalu fokus kepada impiannya. Tidak ada kata "menyerah" dan "gagal" dalam pikirannya, yang ada hanya "Try" , "Learn" dan "Try again".

Yuk, Berpikir dan Berjiwa Besar!



Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.