Unsur-unsur berita yang perlu diperhatikan mencerminkan 5W+1H (Who, What, Where, When, Why, dan How). Unsur tersebut menuntun untuk memberitakan faktual berdasarkan fakta/kejadian, bukan sesuatu yang dibuat-buat.
Nilai-nilai berita yang bisa diangkat menjadi berita semisal keunikan, keterbaruan, tren, keterkenalan, pertama kali, manusiawi dll. Nilai-nilai ini perlu dipegang bukan untuk membuat berita hoax dan membesar-besarkan masalah (konflik) demi keterkenalan, namun sebagai dasar berita agar bernilai dan menarik untuk dibaca.
Secara makro, kaidah jurnalistik dibagi menjadi dua yaitu: piramida terbalik dan struktur. Piramida terbalik dalam menyampaikan urutan level penting. Semakin penting informasinya maka semakin di dahulukan baru yang kurang atau tidak penting di bagian terahir.
Struktur berita bisa dikategorikan dalam angle, judul, lead, dan tubuh berita. Angle (sudut pandang dalam melihat fakta) sangat dipengaruhi oleh visi, ideologi dan ketertarikan dari penulis berita. Contoh terbaik dari angle ini adalah situs berita Islam dengan situs berita umum (sekuler). Meskipun faktanya sama, cara penyampaian beritanya sangat terasa ideologinya (keberpihakan).
Judul diusahakan dengan bahasa yang menarik, pendek dan kalimat aktif. Lead berita haruslah menarik, tidak bertele-tele dan mengandung unsur-unsur berita. Tubuh berita alangkah baiknya dengan prinsip “dahulukan yang penting/menarik” dan ceritakan secara kronologis bila terkait event.
Saatnya untuk mempraktikan menulis berita meskipun kita bukan seorang wartawan. Dengan kaidah-kaidah sederhana diatas maka kita bisa terhindar dari menulis hoax serta sesuai dengan kaidah jurnalistik. Selamat mencoba!