Skip to main content

Kuliah S1 Tafsir Hadits?

Siang itu, sengaja kusempatkan menelepon paman untuk mengabarkan bahwa aku mau kuliah lagi. Dengan turut senang dan mendukung tentang kabar tersebut. Tapi ketika kujelaskan bahwa aku sedang mengusahakan dua hal. Yang pertama, mencari beasiswa untuk kelanjutan studi s1 ku. dan yang satunya adalah kuliah s1 lagi.


S1 yang kuambil adalah tafsir hadis di STIU Al Hikmah, terdorong dari rasa haus akan ilmu agama dan memperdalamnya. Kelemahanku selama ini adalah minimnya kemampuan ilmu alat seperti bahasa arab, untuk merasakan agar butuhnya ilmu trsebut berarti harus memasuki sebauh lingkungan atau sistem yang kuat, dan pilihanku adalah kuliah.


Minggu ini adalah awal perkuliahan. dalam satu semester ini ada beberapa mata kuliah yang harus kuselesaikan diantaranya : Bahasa Arab: nahwu, qiraat, ta'bir; Hadist yang dibahas adalah kitan Al Wafie, Tafsir Ibnu Katsir dan Tahfidz.


Yang mengasyikkan, pengantar kulaihnya menggunakan bahasa arab. ternyata, cukup mengasyikkan dan menyenangkan meskipun terkadang ku menertawakan diriku sendiri karena belum mengerti secara sempurna apa yang dibicarakan dosen. 


Bahasa adalah kebiasaan, ku sangat optimis bahwa sepanjang ku bisa istiqomah maka kemampuan bahasa arabku akan maju pesat seiring bertambahnya beban perkuliahan.
Dan alhamdulillahnya lagi, ternyata ketika ku mengingat mundur kebelakang. Kuliah di tempat tersebut adalah bagian dari mimpiku yang ingin kuraih. Aku bisa ketemu dengan para hafidz qur'an yang akan membimbing para mahasiswa untuk menghafal Al qur'an.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kita sebagai seorang muslim yang ingin menjadi hafidz qur'an.

  1. Ikhlas
  2. Memperbaiki bacaan sebelum menghafal
  3. Menghafal dan mengulang hafalan setiap hari
  4. Mempunya satu alquran yang tetap dan tidak berganti-ganti
  5. Mempunyai waktu khusus untuk menghafal dan mengulang
  6. Mempunyai tempat yang khusus pula di dalam menghafal
  7. Terikat dengan Guru yang akan membantu memperbaiki dan mengevaluasi
  8. Hafalannya terikat antar ayat atau antar halaman
Subhanallah, jiwaku seperti menemukan kembali gairah yang pernah hilang yaitu mencintai belajar Islam. Waktu pun terasa lebih berharga untuk belajar dan belajar.


Dan setor hafalan adalah target yang nyata atau jelas dalam memanage waktu agar aku mampu menghafal dan menjaga diri di tengah belantar kehidupan yang penuh dengan kemaksiatan, karena ilmu Allah adalah an nur sehingga ga bisa tercampur dengan maksiat.


Jika yang lain bisa, aku pun pasti bisa. Tinggal menjalani prosesnya dan mempercepatnya, maka lihatlah apa yang terjadi.


Ya Allah, permudahlah hambaMu ini dalam menuntut ilmu. amien

BERBUATLAH SEKARANG ATAU MENYESALLAH KEMUDIAN....



Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.