Skip to main content

Saya Bertipe Thinking Extrovert?

Di dunia psikologi saat ini banyak berkembang teori-teori kepribadian dengan memperhatikan kerja otak. Salah satunya yang cukup terkenal bahkan banyak di seminarkan yaitu STIFIn, yang digagas oleh orang madura, Poniman.

Hasil tes STIFIn, saya bertipe Te. Otak dominan yang bekerja diotakku adalah dibagian atas sebelah kiri, atau disebut otak kiri. Kemudi kecerdasanku ada di lapisan abu-abu yang terletak di luar atau permukaan otak.  Mungkin karena itulah, aku suka warna abu-abu :)

Aku butuh energi luar (rangsangan) untuk semakin menggerakkan otakku ini, atau bisa dikatakan jika ada tantangan dan sesuatu hal yang harus kuraih maka aku bisa memaksimalkan kecerdasanku ini.

Dikatakan pula, Te ini memiliki tulang besar dan kuat dengan bentuk tubuh piknis (mudah bergerak/ga mau diam) karena volume badan dibanding tulangnya lebih kecil. Sayangya, tipe Te ini tidak memiliki cutup banyak cadangan energi (baterai) sehingga tulangnya kurang tenaga, terlalu habit untuk berpikir. Meskipun secara mendasar, Te mudah bergerak namun karena kurang tenaga jadinya malas bergerak. Butuh energi dari luar, butuh tantangan dan ambisi meraih sesuatu.

Konon, tipe Thinking ini banyak menyedot energi untuk kepala karena fungsi kepala yang dominan. Wajar saja, jika menyukai jenis pekerjaan yang memerlukan berpikir keras untuk menyelesaikan masalah hingga tuntas. Ia jago logika dan bertangan dingin. Apa yang menjadi tanggungjawabnya akan diselesaikan dengan baik.

Tipe T adalah sosok yang berkribadian tangguh dan keras kepala.

Tipe Te akan memiliki sifat-sifat utama: adil, objektif, dan menerima argumentasi logika. Te menyukai peran layaknya seorang komandan sehingga ia cocok ditempat-tempat seperti pabrik, birokrasi, tentara atau dimanapun yang bisa melipatgandakan hasil atau produksi dengan cara pengendalian organisasi yang baik.

Kelebihan Te dari cara kerjanya yang selalu mencari peluang untuk melipatgandakan dengan mengendalikan proses secara tepat. Kemampuan mengendalikan proses produksi menjadi jalan untuk memperoleh kekuasaan. Te pandai mengumpulkan kekuatan untuk menghasilkan kemenangan bagi diri dan organisasinya. Setidaknya, ada sedikit perbedaan jika saya aktif dalam sebuah organisasi yaitu pelipatgandaan. Orang-orang yang berada di sekitarku harus bertambah produktif.

Sepuluh sifat yang menempel pada tipe Te yaitu:
1. Thoughtful
2. Analytical
3. Competitive
4. Reserved
5. Planner
6. Positive
7. Argumentative
8. Forceful
9. Force
10. Justice
Itulah gambaran kepribadian secara humus pada tipe Te, dan emang sepertinya ada pada diriku.

Belajar bukanlah perkara yang sulit bagi Te, karena ia sudah terbiasa menalar, berhitung dan menstrukturkan. Orang Te menjadi orang yang berwawasan karena menyukai banyak membaca berbagai jenis buku meskipun tidak mendalam.

Bila orang Te kehilangan motivasi maka cara termudah adalah memberinya kesempatan untuk berkompertisi untuk mengalahkan yang lainnya. Saya akan merasa hampa dan gregetan bila tidak dapat bertarung dan  mengalahkan yang lainnya. Apalagi, jika dikabarkan kalah bertarung padahal tidak pernah ikut kompetisi. Bagi orang Te sungguh aib, ia lebih suka kalah asal diberi kesempatan bertarung daripada dianggap menang/kalah padahal tak pernah ada pertarungan tersebut. Hati-hati lah dengan orang Te, karena ia bisa menyerap dan meniru apa yang dilakukan rivalnya untuk meraih kemenangan.

Sebagai seorang Te, saya menyadari saya menyukai kemenangan namun kurang stamina. Kelemahanku kurang pandai membuat prioritas jangka panjang meski memiliki peran sangat sirkulatif di semua entitas. kelemahanku juga kurang pandai membaca aspirasi dan terlaulu normatif meskipun siklus hidupku cukup dinamis. Untuk menutupi itu semua, haruslah BERGERAK secara baik.

Sebagai orang Te, saya memiliki kemampuan untuk meraih tahta dimanapun jika segala macam unsur sumberdaya yang ada di bawah kekuasaannya dikelola secara mekanistik seperti pabrik. Kebesaran pabriknya akan sejalan dengan kebesaran tahtanya atau kekuasaanya. Pada diri Te melekat kharisma pemegang otoritas, jka diberi amanah akan dijalankan dengan baik.

Itulah sekilas tenting dirikvu, seorang Thinking Extrovert.











Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.