Skip to main content

Menkes: Namru-2 Injak-injak Kedaulatan Negara

Jakarta-RoL-- Menkes Siti Fadilah Supari menolak menjawab pertanyaan tertulis Komisi I DPR tentang keberadaan laboratorium medis Angkatan Laut Amerika Serikat "Namru-2" disini, bahkan menyebutkan Namru-2 menginjak injak kedaulatan negara RI .

"Bagi saya, sudah tidak ada yang perlu dijelaskan karena keberadaan Namru-2 sudah jelas-jelas tidak memberikan manfaat bagi Indonesia," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Rabu.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga itu, Menkes menyatakan sangat kecewa atas kunjungan Komisi I ke Laboratorium Riset milik Angkatan Laut Amerika Serikat itu pada Rabu (18/6).

Kunjungan Komisi I tersebut, menurut Menkes , sama sekali tidak ada gunanya karena Namru-2 selama ini tidak memberikan apa-apa bagi kepentingan riset di Indonesia.

"Laboratorium itu tidak lebih baik dari laboratorium yang kita miliki seperti Laboratorium Eijkman di Bandung. Kenapa Komisi I tidak meninjau saja laboratorium milik kita sendiri yang jelas-jelas memberikan manfaat," katanya.

Menkes mengatakan, Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari kerja sama dengan Namru-2.

"Kita hanya mendapatkan penelitian-penelitian kecil, sedangkan ketika kami meminta kerja sama dalam penelitian "tuberculosis" (TBC) mereka tidak mau karena tidak ada kepentingan untuk mereka,"ungkapnya.

Jadi, katanya, Namru-2 hanya melakukan penelitian untuk kepentingan militer AS, dan tidak untuk kepentingan indonesia sebagai mitra yang sejajar dalam kerangka kerja sama yang telah disepakati sejak 1970 itu.

Menkes menambahkan, dalam sebuah kerja sama harus ada kesetaraan antara kedua belah pihak.

"Bukan salah satu menginjak-injak pihak yang lain. Apa kerja sama seperti ini akan kita teruskan karena sudah jelas Namru-2 menginjak-injak kedaulatan negara," katanya.

Karena itu, katanya, keberadaan Namru-2 di Indonesia harus dipertimbangkan lagi karena kedaulatan negara sama sekali tidak bisa ditawar-tawar.

Menanggapi sikap Menkes yang tidak menjawab pertanyaan tertulis Komisi I tersebut, Ketua Komisi I Theo L Sambuaga mengatakan bisa menghargai sikap tersebut.

Namun sejumlah anggota Komisi I seperti Andreas Pareira menilai sikap Menkes tersebut kurang tepat karena jawaban yang diberikan Menkes akan menjadi acuan untuk menetapkan kelanjutan kerja sama Namru-2 di Indonesia.

Dalam pertanyaan tertulisnya kepada Menkes, Komisi I antara lain mempertanyakan perihal sejarah dan perkembangan Namru-2 di Indonesia, dukungan anggaran, koordinasi antara Namru-2 dengan Depkes dan lembaga terkait lainnya, hak intelektual, kualitas dan kualifikasi peneliti Indonesia di lembaga riset tersebut.

Selain Menkes, pemerintah diwakili oleh Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, Menristek Kusmayanto Kadiman, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, serta Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo. antara/abi
republika.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Teringat masa bebrapa waktu yang lalu. Dunia web dan blog, seolah sutu hal yang menakjubkan bagiku. Dan terbesit sebuah tanya? bagaiman ya kok bisa membuat web yang begitu bagus. Mungkinkah seorang tanpa dasar ilmu komputer atau IT bisa membuatnya. Seiring perkembngan dunia internet. Ilmu ngeweb dan ngeblog begitu banyak bergentayangan, sehingga mampu membantu orang-orang yang awam tentang dunia bahasa pemrograman menjadi begit mudah. Jika saja, saya berkata "Tidak" atau "Stop" setiap menemukan kesukaran maka ilmu yang saya dapat pun sebtas keputusasaan. namun berbeda setiap saya mendapati kesukran, untuk terus mencari jawabannya. Distulah letak kenikmatannya, yaitu ketika meneukan jawabannya. Yang awalnya begitu sulit, ketika kita mampu melewati kesulitan tersebut. Maka kemudahan dan senyuman yang akan terkembang. Dari proses pembelajaran ini, saya semakin yakin bahwa sunanhatullah harus dilakukan. Kepandaian bisa diperoleh dengan rajin belajar. Dan tiada pernah

Free domain dan web hosting

Buat webmu sendiri!. Anda yang suka berkreasi dengan web maka perlu mencoba untuk belajar terlebih dahulu dengan layanan gratis. ketika saya berselancar di dunia maya ini, kemudian ketemu dengan web hasil gratisan www.viladavid.co.cc yang sedang baru dibangun. usut punya usut ternyata web tersebut dibangun dengan gratisan semuanya mulai dari domain dan web hostingnya. Untuk domainnya bisa mendaftar ke co.cc, anda bisa tentukan nama domain (alamat web yang anda sukai) selama masih tersedia secara free, langsung ambil saja dan register. Untuk web hostingnya yang gratisan anda bisa baca penjelasan berbahasa inggris di bawah ini: If you wish to have a professional shared hosting quality in a free hosting package, come and host with 000webhost.com and experience the best service you can get absolutely free. Founded in December 2006, 000webhost.com has a trusted free hosting members base of over 60,000 members and still counting! Offering professional quality hosting, support, uptime a

Soekarno-Hatta International Airport closed due to heavy rain

Indonesia was forced to temporarily close its main international airport Friday because of poor visibility during torrential downpours, an official said. More than 60 planes were delayed or diverted. Forty-three flights were delayed and 21 diverted to other airports, Hariyanto said. Indonesia was pounded by rain late Thursday and early Friday, bringing traffic to a standstill in much of the capital, Jakarta. Citywide floods last occurred in February 2007 in Jakarta, much of which is below sea level. Environmentalists have blamed the flooding on garbage-clogged rivers, rampant overdevelopment and the deforestation of hills south of the city.